AKIDAH IMAM SYAFI’I -rohimahulloh-

Posted: 3 November 2009 in Akidah
Tag:, , , , ,

Manhaj-Aqidah-Imam-ShafiiBiografi Imam Syafi’i -rohimahulloh-.

Nama beliau adalah: Muhammad bin Idris bin al-Abbas bin Utsman bin Syafi’ bin as-Sa’ib Al-Qurosyi, bin Abdul Muththolib bin Manaf. Kun-yah beliau Abu Abdillah.

Ayahnya tinggal di Makah. Saat dia pergi ke kota Gaza, lahirlah anaknya, yang diberi nama Muhammad. Imam Syafi’i ditinggal mati ayahnya ketika umurnya dua tahun. Lalu Ibunya -yang berkebangsaan Yaman, dari Kabilah Azd- membawanya kembali ke Makah.

Beliau telah hapal Alquran saat masih kecil, lalu keluar menuju pedesaan Kabilah Hudzail. Ketika itu mereka adalah Kabilah yang paling fasih bahasa arabnya. Dari hidup bersama Kabilah itu, beliau banyak hapal syair mereka. Lalu beliau kembali ke Makah dan memberi banyak manfaat dari kefasihan dan syairnya.

Beliau menetap di Makah, dan membaca (ilmu) di depan Muslim bin Kholid az-Zanji yang ketika itu adalah seorang syeikh dan muftinya Masjidil Harom Makah. Beliau terus mengaji kepadanya hingga diizinkan berfatwa di sana.

Lalu beliau mendatangi Imam Malik di Madinah, dan membaca kitab Al-Muwaththo’ kepadanya.

Dengan begitu beliau mengambil Ilmu Fikih dari Muslim bin Kholid az-Zanji, dan mengambil Hadits dari Imam Malik bin Anas.

Beliau pernah pergi ke Yaman, dan menjadi pembantunya Qodhi negeri itu, Mush’ab bin Abdulloh Al-Qurasyi. Yaman waktu itu adalah sarangnya Kelompok Syiah, oleh sebab itulah beliau dituduh menjadi penganut paham syiah. Beliau pun dibawa menghadap kholifah Harun Ar-Rosyid, ketika itu beliau di kota Ar-Roqqoh bersama sekelompok orang  yang dituduh (oleh pihak kerajaan). Sungguh beliau pada posisi yang sangat berbahaya karena tuduhan itu, tapi karena kehalusan Alloh, lalu syafa’atnya Al-Hajibur Rosyid Al-Fadhl ibnur Robi’ yang terus membela beliau, akhirnya beliau selamat. Beliau juga sempat bicara di hadapan Kholifah, hingga ia simpati kepada beliau, dan memerintahkan agar beliau dilepaskan dan dibebaskan. Peristiwa itu terjadi pada tahun 184 H.

Kala itu Imam Syafi’i tidak lupa untuk memanfaatkan keberadaannya di Iraq, ia masuk Kota Bagdad dan menemui Muhammad Ibnul Hasan Asy-Syaibani, sahabat Imam Abu Hanifah. Maka ia pun menyambut Imam Syafi’i. Lalu beliau mengambil ilmu darinya dan menelaah kitab-kitab para ahli fikihnya negeri Irak dan mengambil pelajaran fikih dari mereka. Dengan begitu berarti beliau telah mengumpulkan antara cara para ahli fikih dan para ahli hadits. Beliau juga telah melakukan banyak diskusi dengan Muhammad ibnul Hasan, yang kemudian diskusi itu banyak tertuang dalam kitab-kitab beliau.

Beliau kemudian kembali lagi ke Mekah, yang merupakan tempat tujuan para ulama dari berbagai negeri, dari situ beliau banyak mengambil sekaligus memberi manfaat kepada yang lain, beliau juga banyak berdiskusi sehingga banyak ulama yang mengambil ilmu dari beliau.

Setelah itu beliau pergi ke Bagdad pada tahun 195 H, yakni masa kekhilafahan  Al-Amin, di sana banyak ulama Irak yang mengambil ilmu dari beliau, dan di sanalah beliau mengimla’ (mendiktekan) kitab-kitab beliau yang terdahulu (madzhab lama/madzhabnya ketika di irak).

Beliau juga banyak berkumpul dengan ulama dan para imam dari bagdad, diantaranya: Imam Ahmad bin Hambal, kemudian beliau kembali lagi ke Mekah, ketika namanya telah tersohor di Bagdad, dan banyak ulama’nya mengikuti cara beliau.

Pada tahun 198 H, beliau kembali lagi ke Irak dalam perjalanannya yang ketiga ke kota itu, beliau tinggal di sana sebentar, kemudian pindah lagi ke Mesir. Beliau singgah di kota Fusthoth, bertamu di rumah Abdulloh bin Abdul Hakam, yang ketika itu termasuk sahabatnya Imam Malik.

Ketika itu madzhab Imam Malik telah menyebar luas di kota Mesir. Di mesir inilah beliau menulis kitabnya al-Umm, itu termasuk diantara kitabnya yang baru, yang diimla’ oleh beliau bersama kitab Ushul fikihnya “Ar-Risalah”

Imam Syafi’i adalah salah satu dari empat imamnya Ahlussunnah, beliau telah menyebarkan sendiri madzhabnya dari banyaknya perjalanan yang dilakukannya. Beliau juga yang menulis sendiri kitab-kitabnya, lalu mengimlakkannya kepada para muridnya, keadaan seperti ini tidak dikenal dari ulama kibar lain selain beliau.

Imam Syafi’i adalah seorang ahli syair yang sedikit karya syairnya, makna syairnya jelas, dan mudah dipahami, bahkan dalam tulisan kitabnya banyak kita dapati jiwa penyair beliau.

Beliaulah orang yang pertama kali membukukan ilmu ushul fikih dalam kitab khusus, juga orang yang pertama kali merumuskan ilmu nasikh dan mansukh dalam bidang hadits.

Diantara karya beliau: Kitabul Umm, Risalah fi Usulil Fiqh, Sabilun Najah, kumpulan sya’ir beliau yang dikenal dengan diwanu syafii, dan masih banyak lagi yang lain.

Beliau meninggal di Mesir, pada usianya yang ke-54 tahun.

AKIDAH IMAM SYAFI’I -rohimahulloh- :

عن الربيع بن سليمان قال، قال الشافعي: من حلف باللهِ، أو باسم من أسمائه، فحنث؛ فعليه الكفارة. وذلك لأن أسماء اللهِ غير مخلوقة؛ فمن حلف باسم اللهِ، فحنث؛ فعليه الكفارة.

Dari Ar-Robi’ bin Sulaiman: Imam Syafi’i mengatakan: “Barangsiapa bersumpah dengan nama Alloh, atau dengan nama-namaNya yang lain, lalu ia melanggarnya, maka ia wajib membayar kaffarot (tebusan). (Manaqib Syafi’i 1/405). Yang demikian itu: “Karena nama-nama Alloh itu bukanlah makhluk, maka barangsiapa bersumpah dengan nama Alloh, lalu melanggarnya, maka wajib atasnya membayar kaffarot”. (Adab syafi’i libni Abi Hatim, Al-Hilyah li Abi Nu’aim 9/112, Sunan Kubro lil baihaqi 1/28, Al-Asma was shifat lil baihaqi 255-256, Syarhus sunnah lil baghowi 1/188, Al-Uluw lidz Dzahabi 121, Mukhtashorul Uluw lil albani 77)

عن الشافعي أنه قال: القول في السنة التي أنا عليها، ورأيت أصحابنا عليها، أهل الحديث الذين رأيتهم، وأخذت عنهم مثل سفيان، ومالك، وغيرهما: الإقرار بشهادة أن لا إله إلا الله، وأن محمداً رسول الله، وأن اللهَ تعالى على عرشه في سمائه يقرب من خلقه كيف شاء، وأن الله تعالى ينزل إلى سماء الدنيا كيف شاء.

Imam Syafi’i mengatakan: Perkataan dalam sunnah yang aku berjalan di atasnya, dan aku lihat para sahabat kami juga berjalan di atasnya, -yakni para ahlul hadits yang ku temui dan ku ambil ilmu dari mereka, seperti Sufyan Ats-Tsauri, Malik, yang lainnya-, adalah: Berikrar dengan persaksian bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Alloh, sesungguhnya Muhammad itu Rosululloh, sesungguhnya Alloh itu diatas arsy-Nya, di atas langit-Nya, Dia mendekat kepada makhluknya bagaiamanapun Dia kehendaki, dan Alloh juga turun ke langit dunia sesuai kehendaknya. (Ijtima’ul juyusyil islamiyah libnil qoyyim, hal: 165. Itsbatu Shifatil Uluw, hal:124. Majmu’ul Fatawa 4/181-183. Al-Uluw lidz Dzahabi, hal: 120. Mukhtashorul Uluw lil Albani, hal: 176)

عن المزني قال: قلت إن كان أحد يخرج ما في ضميري، وما تعلَّق به خاطري من أمر التوحيد؛ فالشافعي، فصرت إليه وهو في مسجد مصر، فلما جثوت بين يديه، قلت: هجس في ضميري مسألة في التوحيد، فعلمت أن أحداً لا يعلم علمك، فما الذي عندك؟ فغضب ثم قال: أتدري أين أنت؟ قلت: نعم. قال: هذا الموضع الذي أغرق اللهُ فيه فرعون، أبلغك أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – أمر بالسؤال عن ذلك؟ قلت: لا، قال: هل تكلم فيه الصحابة؟ قلت: لا، قال: أتدري كم نجماً في السماء؟ قلت: لا، قال: فكوكب منها تعرف جنسه، طلوعه، أفوله، ممَّ خُلِق؟ قلت: لا، قال: فشيءٌ تراه بعينك من الخلق لست تعرفه تتكلم في علم خالقه؟ ثم سألني عن مسألة في الوضوء فأخطأت فيها، ففرَّعها على أربعة أوجهٍ، فلم أصب في شيء منه، فقال: شيءٌ تحتاج إليه في اليوم خمس مرات؛ تدع عِلْمَهُ وتتكلف علم الخالق إذا هجس في ضميرك ذلك. فارجع إلى قول اللهِ تعالى: {وَإِلَـهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ} الآية [سورة البقرة: 163-164] فاستدل بالمخلوق على الخالق، ولا تتكلف على ما لم يبلغه عقلك! قال فتبت.

Al-Muzani mengatakan: Aku berkata dalam hati, andai saja ada seseorang yang bisa menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan tauhid yang ada dalam hatiku, maka tidak lain orangnya adalah imam syafi’i. Lalu aku pergi menemui beliau, saat sedang di masjid negeri Mesir.

Ketika aku duduk di depan beliau, ku katakan: “Terbetik dalam hatiku masalah tauhid, dan aku yakin tidak ada seorangpun yang memiliki ilmu seperti engkau, apakah engkau memiliki jawabannya?” seketika itu beliau marah, lalu mengatakan: “Tahukah, dimana kau sekarang?” “Ya” jawabku.

Beliau mengatakan: “ini adalah tempat Alloh menenggelamkan Fir’aun! Apakah telah sampai padamu kabar bahwa Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- menyuruh untuk menanyakan hal itu?” “tidak” jawabku.

Beliau mengatakan: “Sudahkah para sahabat membahasnya?” “tidak” jawabku.

Beliau mengatakan: “Tahukah kamu berapa jumlah bintang di langit?” “tidak” jawabku.

Beliau mengatakan: “Tahukah kau Salah satu jenis planetnya, kapan munculnya, kapan tenggelamnya, dan dari apa ia diciptakan?” “Tidak” jawabku.

Beliau mengatakan: “Makhluk yang bisa kau lihat dengan matamu saja kamu tidak tahu, bagaimana kau berbicara tentang penciptanya?!”

Kemudian beliau menanyakan padaku tentang masalah wudhu’, dan aku aku salah menjawabnya. Lalu beliau memecahnya menjadi empat masalah, dan tidak satupun aku jawab dengan benar, maka beliau mengatakan: “Sesuatu yang kau butuhkan sehari lima kali saja kau tidak tahu, bagaimana kau hendak bersusah payah memecahkan masalah tentang Penciptamu yang terbetik dalam hatimu itu?!, kembalilah kepada firman Alloh (yang artinya):

“Sesembahan kalian adalah sesembahan yang maha esa, tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Dia, yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi,… terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang menggunakan akalnya” (Albaqoroh 163-164).

Lihatlah bagaimana Alloh menggunakan makhluk sebagai dalil yang menunjukkan Kholiqnya, dan janganlah kau bersusah payah dalam masalah yang tidak dijangkau oleh nalarmu!, lalu al-Muzani mengatakan: “Akupun bertobat setelah itu”. (siyaru a’lamin nubala 2/31-33)

عن يونس بن عبد الأعلى، قال: سمعت الشافعي يقول: إذا سمعت الرجل يقول الاسم غير المُسمى، أو الشيء غير الشيء، فاشهد عليه بالزندقة.

Dari Yunus bin Abdul A’la: Aku pernah mendengan Imam Syafi’i mengatakan: “Jika kau mendengar seseorang mengatakan bahwa ‘nama itu tidak sama dengan yang memiliki nama’ atau ‘sesuatu itu bukanlah hakekat sesuatu’ maka persaksikanlah bahwa dia itu zindiq (munafik). (Al-Intiqo':79) (Majmu’ Fatawa 6/187)

قال الشافعي في كتابه الرسالة: والحمد لله… الذي هو كما وصف به نفسه، وفوق ما يصفه به خلقه.

Imam Syafi’i mengatakan: “Segala puji bagi Alloh… yang Dia itu sebagaimana disifati sendiri oleh-Nya, dan lebih agung dari sifat yang diberikan oleh para makhluknya”. (Ar-Risalah, hal:7-8)

عن الشافعي أنه قال: نثبت هذه الصفات التي جاء بها القرآن، ووردت بها السنة، وننفي التشبيه عنه، كما نفى عن نفسه، فقال: { لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ} [سورة الشورى: 11]

Imam Syafi’i mengatakan: “Kami menetapkan sifat-sifat yang disebutkan dalam Alqur’an dan Sunnah ini, tapi kami menafikan tasybih dari-Nya, sebagaimana Dia sendiri menafikan hal itu dari-Nya, Dia berfirman: ‘Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya’ (Surat Asy-Syuro:11) (Lihat Kitab Assiyar lidz Dzahabi 20/341)

عن الربيع بن سليمان قال: سمعت الشافعي يقول في قول الله عزَّ وجلَّ: {كَلَّا إِنَّهُمْ عَن رَّبِّهِمْ يَوْمَئِذٍ لَّمَحْجُوبُونَ} [سورة المطففين: الآية 15] أعلمنا بذلك أن ثم قوماً غير محجوبين، ينظرون إليه، لا يضامون في رؤيته.

Dari Robi’ bin Sulaiman: Aku pernah mendengar Imam Syafi’i mengatakan tentang firman Alloh azza wajall: “Sekali-kali tidak, sungguh mereka pada hari itu benar-benar terhalang dari melihat Tuhannya”. (Al-Muthoffifin: 15). Dengan ini Alloh memberitahu bahwa di sana ada kelompok yang tidak terhalang, mereka melihat kepada Tuhannya, dan tidak ada yang samar dalam penglihatan mereka. (Al-Intiqo’, hal:79)

عن الربيع بن سليمان قال: حضرت محمد ابن إدريس الشافعي، جاءته رقعة من الصعيد فيها: ما تقول في قوله تعالى: {كَلَّا إِنَّهُمْ عَن رَّبِّهِمْ يَوْمَئِذٍ لَّمَحْجُوبُونَ} [سورة المطففين: الآية 15] قال الشافعي: فلما حجبوا هؤلاء في السخط؛ كان هذا دليلاً على أنه يرونه في الرضا. قال الربيع: قلت يا أبا عبد الله وبه تقول؟ قال: نعم به أدين اللهَ.

Robi’ bin Sulaiman mengatakan: aku pernah mendatangi Muhammad bin Idris Asy-Syafii, ketika sampai padanya kertas yang bertuliskan: “Apa pendapatmu tentang firman Alloh ta’ala: ‘Sekali-kali tidak, sungguh mereka pada hari itu benar-benar terhalang dari melihat Tuhannya’.” (Al-Muthoffifin: 15). Imam Syafii mengatakan: “Ketika mereka terhalangi (dari melihat-Nya) di saat (Alloh) marah, itu berarti dalil bahwa sesungguhnya mereka akan melihatnya di saat (Alloh) ridho”.

Ar-Robi’ bertanya: “Apa dengan itu engkau berpendapat?”. “Ya, itulah agama yang akan kupertanggung-jawabkan di hadapan Alloh kelak”. (Syarah Ushul I’tiqodi Ahlissunnah wal Jama’ah lillalaka’i 2/506)

عن الجارودي قال: ذُكر عند الشافعي، إبراهيم بن إسماعيل بن عُلَيَّة فقال: أنا مخالف له في كل شيء، وفي قوله لا إله إلا الله، لست أقول كما يقول. أنا أقول: لا إله إلا الله الذي كلَّم موسى عليه السلام تكليماً من وراء حجاب، وذاك يقول لا إله إلا اللهُ الذي خلق كلاماً أسمعه موسى من وراء حجاب.

10 Al-jarudi mengatakan: Nama Ibrohim bin Ismail bin Ulayyah[1] pernah disebut di depan Imam Syafii, maka beliau mengatakan: Saya menyelisihinya dalam segala sesuatu. Dan dalam perkataannya ‘laa ilaaha illalloh’, aku tidak mengatakan seperti yang ia katakan, aku mengatakan: “tiada sesembahan yang berhak disembah selain Alloh, yang benar-benar telah mengajak bicara Musa dari balik tabir”, sedang ia mengatakan: “Tiada Ilah selain Alloh, yang telah menciptakan perkataan yang diperdengarkan kepada Musa dari balik tabir”. (Al-Intiqo’, hal:79. Kisah ini juga disebutkan oleh Al-Hafidz dari Manaqib Syafii lil baihaqi, lihat Al-Lisan 1/35)

عن الربيع بن سليمان، قال الشافعي: من قال القرآن مخلوق؛ فهو كافر.

Dari Ar-Robi bin Sulaiman, dari Asy-Syafii: “Barangsiapa mengatakan Alqur’an itu makhluk, maka dia kafir”. (Syarah Ushul I’tiqodi Ahlissunnah wal Jama’ah lillalaka’I 1/252)

عن أبي محمد الزبيري قال: قال رجل للشافعي، أخبرني عن القرآن خالق هو؟ قال الشافعي: اللهم لا، قال: فمخلوق؟ قال الشافعي: اللهم لا. قال: فغير مخلوق؟ قال الشافعي: اللهم نعم، قال: فما الدليل على أنه غير مخلوق؟ فرفع الشافعي رأسه وقال: تقر بأن القرآن كلام الله؟ قال: نعم. قال الشافعي: سبقت في هذه الكلمة، قال الله تعالى ذكره: {وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّى يَسْمَعَ كَلاَمَ اللّهِ} [سورة التوبة: الآية 6] {وَكَلَّمَ اللّهُ مُوسَى تَكْلِيماً} [سورة النساء: الآية 164] قال الشافعي: فتقر بأن الله كان، وكان كلامه؟ أو كان الله، ولم يكن كلامه؟ فقال الرجل: بل كان الله، وكان كلامه. قال: فتبسم الشافعي وقال: يا كوفيون إنكم لتأتوني بعظيم من القول إذا كنتم تقرُّون بأن الله كان قبل القبل، وكان كلامه. فمن أين لكم الكلام: إن الكلام اللهُ، أو سوى اللهِ، أو غير اللهِ، أو دون اللهِ؟ قال: فسكت الرجل وخرج.

Dari Abu Muhammad Az-Zubairi: Ada seorang lelaki mengatakan kepada Asy-Syafii: “Katakan padaku tentang Alqur’an, kholiq-kah dia?” “Tidak” Jawab Imam Syafii.

Orang itu: “Makhluk-kah dia?” “Tidak” Jawab Imam Syafii.

Orang itu: “Berarti Alqur’an itu bukan makhluk?” “Tentu saja ya” jawab Imam Syafii.

Orang itu: “Apa dalilnya kalau Alqur’an itu bukan makhluk?”

Lalu Imam Syafii mengangkat kepala, seraya mengatakan: “Apa kamu berikrar bahwa Alquran itu kalamulloh (firman Alloh)?” “Ya”, jawab orang itu.

Imam syafii: “Telah ada yang mendahuluimu dalam jawabanmu itu, Alloh ta’ala berfirman: ‘Jika diantara kaum musyrikin ada yang meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah agar dia dapat mendengar kalamulloh’ (At-Taubah:6) ‘Dan Alloh benar-benar mengajak Musa bicara langsung dengan-Nya’ (An-Nisa:164).

Imam syafii mengatakan: “Apa kamu berikrar bahwa Alloh itu dulunya ada, begitu pula firman-Nya?!, ataukah Alloh itu dulunya ada, sebelum ada firman-Nya?!” Orang itu menjawab: “Tentunya Alloh itu dulunya ada, begitu pula firman-Nya”.

Mendengar jawaban itu, Imam Syafii tersenyum, dan mengatakan: “Wahai orang-orang Kufah, sungguh kalian telah datang dengan suatu perkataan yang agung, jika kalian berikrar bahwa Alloh itu ada sejak dahulu kala, begitu pula firman-Nya! lalu dari mana perkataan kalian ‘sesungguhnya firman-Nya itu sama dengan Alloh, atau selain Alloh, atau bukan Alloh, atau di bawah Alloh?!” mendengar itu, orang itu pun diam dan pergi. (Manaqib Syafii 1/407-408)

وفي جزء الاعتقاد المنسوب للشافعي – من رواية أبي طالب العُشاري – ما نصه قال: وقد سئل عن صفات الله عزَّ وجلَّ، وما ينبغي أن يؤمن به، فقال: للهِ تبارك وتعالى أسماء وصفات، جاء بها كتابه وخبَّر بها نبيه – صلى الله عليه وسلم – أمته، لا يسع أحداً من خلق الله عزَّ وجلَّ قامت لديه الحجَّة أن القرآن نزل به، وصحَّ عنده قول النبي – صلى الله عليه وسلم – فيما روى عنه العدلُ خلافَه، فإن خالف ذلك بعد ثبوت الحجَّة عليه، فهو كافر بالله عزَّ وجلَّ. فأما قبل ثبوت الحجة عليه من جهة الخبر؛ فمعذور بالجهل؛ لأن علم ذلك لا يدرك بالعقل، ولا بالدراية والفكر.

ونحو ذلك إخبار الله عزَّ وجلَّ أنه سميع وأن له يدين بقوله عزَّ وجلَّ: {بَلْ يَدَاهُ مَبْسُوطَتَانِ} [سورة المائدة: الآية 64] وأن له يميناً بقوله عزَّ وجلَّ: {وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ} [سورة الزمر: الآية 67] وأن له وجهاً بقوله عزَّ وجلَّ: {كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ} [سورة القصص: الآية 88] وقوله: {وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ} [سورة الرحمن: الآية 27]

وأن له قدماً بقوله – صلى الله عليه وسلم: “حتى يضع الرب عزَّ وجلَّ فيها قدَمه.” يعني جهنم؛ لقوله – صلى الله عليه وسلم – للذي قُتِل في سبيل الله عزَّ وجلَّ أنه: “لقي الله عزَّ وجلَّ وهو يضحك إليه.” وأنه يهبط كل ليلة إلى السماء الدنيا، بخبر رسول الله – صلى الله عليه وسلم – بذلك، وأنه ليس بأعور لقوله النبي – صلى الله عليه وسلم – إذ ذكر الدجال فقال: “إنه أعور وإن ربكم ليس بأعور”، وأن المؤمنين يرون ربهم عزَّ وجلَّ يوم القيامة بأبصارهم كما يرون القمر ليلة البدر، وأن له إصبعاً بقوله – صلى الله عليه وسلم: “ما من قلب إلاَّ هو بين إصبعين من أصابع الرحمن عزَّ وجلَّ”

وإن هذه المعاني التي وصف الله عزَّ وجلَّ بها نفسه، ووصفه بها رسول الله – صلى الله عليه وسلم – لا تُدرَك حقيقتها تلك بالفكر والدراية، ولا يكفر بجهلها أحد إلا بعد انتهاء الخبر إليه به، وإن كان الوارد بذلك خبراً يقوم في الفهم مقام المشاهدة في السَّماع؛ وجبت الدينونة على سامعه بحقيقته والشهادة عليه، كما عاين وسمع من رسول الله – صلى الله عليه وسلم، ولكن نثبت هذه الصفات، وننفي التشبيه كما نفى ذلك عن نفسه تعالى ذكره فقال: { لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ البَصِيرُ} [سورة الشورى: الآية 11]… إلى آخر الاعتقاد.

Dalam Kitab Juz’ul I’tiqod, yang disandarkan kepada Imam Syafii, dari riwayatnya Abu Tholib al-Usyari, dikatakan: Beliau pernah ditanya tentang sifat-sifat Alloh azza wajall dan apa yang seyogyanya diimani?. Maka beliau menjawab: “Alloh tabaroka wata’ala memiliki banyak nama dan sifat, yang datang dalam kitab-Nya dan dikabarkan Nabi-Nya -shollallohu alaihi wasallam- kepada umatnya.

Tidak boleh seorang pun -dari makhluk Alloh azza wajall yang telah tegak baginya hujjah dari Alqur’an yang turun kepadanya, dan sabda Nabi shollallohu alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh perowi yang adil- menyelisihinya. Apabila ia menyelisihinya setelah tegaknya hujjah atasnya, maka ia termasuk orang yang kafir kepada Alloh azza wajall. Adapun apabila ia menyelisihinya sebelum tegaknya hujjah atasnya dari sisi nash, maka ia diberikan udzur karena kebodohannya, karena pengetahuan tentang itu tidak mungkin dinalar dengan akal, tidak mungkin pula diperoleh dengan mempelajari dan merenunginya.

Diantara contoh hal tersebut adalah:

    • Kabar dari Alloh bahwa Dia maha mendengar.
    • Bahwa dia memiliki dua tangan, sebagaimana firman-Nya: “Akan tetapi kedua tangan Alloh itu terbuka” (Al-Maidah:64).
    • Bahwa Dia memiliki tangan kanan, sebagaimana firman-Nya: “Dan langit-langit itu digulung dengan tangan kanan-Nya” (Az-Zumar:67).
    • Bahwa Dia memiliki wajah, sebagaimana firman-Nya: “Segala sesuatu pasti binasa kecuali wajah-Nya” (Al-Qoshosh:88) dan juga firman-Nya: “Tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal” (Ar-Rohman:27).
    • Bahwa Dia memiliki kaki, sebagaimana sabda Nabi -shollallohu alaihi wasallam-: “Sehingga Tuhan azza wajall meletakkan kaki-Nya di dalam Jahannam”.
    • Bahwa Dia tertawa, sebagaimana sabdanya tentang orang yang gugur di jalan Alloh bahwa ia akan menemui Alloh azza wajall, dalam keadaan Dia tertawa padanya”.
    • Bahwa Dia turun ke langit dunia setiap malam, dengan dasar kabar dari Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam-.
    • Bahwa Dia tidak buta sebelah, sebagaimana sabda Nabi -shollallohu alaihi wasallam- ketika menyebut Dajjal: “Sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah, sedang Tuhanku tidaklah buta sebelah”.
    • Bahwa sesungguhnya kaum mukminin akan melihat Tuhannya pada hari kiamat dengan mata mereka, sebagaimana mereka melihat bulan purnama.
    • Bahwa Dia memiliki jari, sebagaimana sabdanya: “Tiada hati, melainkan ia berada diantara dua jari dari jari-jarinya Yang maha pengasih”.

Sungguh makna dari sifat-sifat yang diberikan Alloh sendiri pada diri-Nya, dan juga diterangkan oleh Rosul-Nya -shollallohu alaihi wasallam- tidak akan diketahui hakekatnya dengan merenungi dan mempelajarinya, dan seseorang tidak dikafirkan karena tidak mengetahuinya kecuali setelah datang kepadanya nash tentang itu.

Apabila kabar yang menerangkan hal itu dari sisi pemahaman bisa mewakili persaksian dalam pendengaran, maka hal itu wajib dipersaksikan dan diamalkan secara hakiki sebagai agama oleh orang yang mendengarnya, seakan ia menyaksikan dan mendengarnya langsung dari Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam-.

Tapi ketika kita menetapkan sifat-sifat ini, kita juga menafikan tasybih (penyerupaan Alloh dengan makhluk-Nya), sebagaimana Alloh nafikan hal itu dari diri-Nya dalam firman-Nya: “Tidak ada sesuatu pun yang sama dengan-Nya, dan Dia maha mendengar lagi maha melihat” (Asy-Syuro:11)… (lihat kitab Dzammut Ta’wil libni Qudamah, hal:124. At-Thobaqot libni Abi Ya’la 1/283. Ijtima’ul Juyusy Islamiyah libnil Qoyyim, hal:165. As-Siyar lidz Dzahabi 10/79).


[1] Imam Adz-Dahabi mengatakan, bahwa ia itu orang jahmiyah yang ekstrim, ia sering berdebat dan mengatakan bahwa Alqur’an itu makhluk. (lihat mizanul i’tidal 1/20, dan Lisanul Mizan 1/34-35)

About these ads
Komentar
  1. Abu Faizah mengatakan:

    Assalamu’alaikum

    Ustadz, saya mau tanya, mengapa sebagian besar ulama-ulama besar dalam mazhab syafi’i (seperti imam al-Baihaqi, an-Nawawi, al-Asqalani dll) dalam bab aqidah bermazhab asy’ari? sedangkan mereka terkenal ahli hadits yang tentunya sangat mengetahui riwayat-riwayat tentang aqidahnya imam syafii.

    • addariny mengatakan:

      Perlu antum ketahui bahwa para pengikut akidah asy’ari generasi awal sangat berbeda dengan Asy’ari generasi akhir…

      Seperti Albaihaqi -rohimahulloh-, beliau meyakini bahwa Alloh memiliki tangan yang sesuai dengan keagungan-Nya, meyakini bahwa Alloh berada di atas Arsy, percaya bahwa Alloh turun ke langit dunia pada akhir malam… dll…

      Tentang Imam Nawawi -rohimahulloh- memang beliau hidup di zaman yang madzhab asy’ari adalah madzhab mayoritas kaum muslimin pada waktu itu, hingga wajar jika beliau terpengaruh dengan keadaan zamannya… tapi meski begitu beliau tidak mendakwahkan akidahnya… dan belum lama ini dicetak kitab yang katanya ditulis oleh Imam Nawawi di akhir hayatnya, di dalamnya beliau menerangkan akidahnya sebagaimana akidah ahlus sunnah wal jama’ah…

      Sedang Ibnu Hajar -rohimahulloh-, beliau dibeberapa tulisannya menyelisihi akidah asy’ariyah dan mendukung akidah ahlussunnah, itu karena beliau adalah murid adz-dzahabi -rohimahulloh- yang berakidah ahlussunnah, beliau juga sangat menghormati Ibnu Taimiyah -rohimahulloh- yang merupakan gurunya Adz-dzahabi -rohimahulloh-, bahkan saking terkesimanya, beliau mengarang kitab biografi Ibnu Taimiyah -rohimahulloh- secara khusus… wallohu a’lam…

      Akhi Abu Faizah… Kebenaran cukup dengan Alqur’an dan sunnah sesuai pemahaman salaful ummah… tidak membutuhkan pembela dari yang lainnya…

      Ikutilah Alqur’an dan Sunnah sesuai pemahaman salaful ummah, jangan sampai engkau goyah, meski sedikit orang yang mengikutinya… Rosululloh bersabda: “Ikutlah bersama Al-Jama’ah”… Seorang Ulama Salaf mengatakan bahwa “Al-jama’ah” adalah kebenaran yang bersumber dari Alqu’an dan Sunnah, meski sedikit pengikutnya… wallohu a’lam… afwan wa syukron..

  2. abu hanifah alim mengatakan:

    assalamu ‘alaikum wa rahmatullah,
    syukran ustadz,
    penjelasan yg sangat bermanfaat sekali,
    barakallahu fik ustadz

  3. maramis setiawan mengatakan:

    ana copy ustadz….di blog ana. Barokallahufik

  4. [...] Jika ada yang ingin ditanyakan berkenaan dengan artikel di atas bisa mengirimnya dikolom komentar di link tulisan beliau disini. [...]

  5. Den Bagus mengatakan:

    Ustad tanya, Apakah benar Imam Syafi’i pernah menjelaskan hal ini (Kitab Al-Fiqh Al-Akbar) dan Bagaimana arti dari penjelasan tersebut?

    واعلموا أن الله تعالى لا مكان له، والدليل عليه هو أن الله تعالى كان ولا مكان له فخلق المكان وهو على صفته الأزلية كما كان قبل خلقه المكان، إذ لا يجوز عليه التغير في ذاته ولا التبديل في صفاته، ولأن من له مكان فله تحت، ومن له تحت يكون متناهي الذات محدودا والحدود مخلوق، تعالى الله عن ذلك علوا كبيرا، ولهذا المعنى استحال عليه الزوجة والولد لأن ذلك لا يتم إلا بالمباشرة والاتصال والانفصال (الفقه الأكبر، ص13)

    إن هذه الآية من المتشابهات، والذي نختار من الجواب عنها وعن أمثالها لمن لا يريد التبحر في العلم أن يمر بها كما جاءت ولا يبحث عنها ولا يتكلم فيها لأنه لا يأمن من الوقوع في ورطة التشبيه إذا لم يكن راسخا في العلم، ويجب أن يعتقد في صفات الباري تعالى ما ذكرناه، وأنه لا يحويه مكان ولا يجري عليه زمان، منزه عن الحدود والنهايات مستغن عن المكان والجهات، ويتخلص من المهالك والشبهات (الفقه الأكبر، ص 13)

    Apakah yang beliau lakukan masuk kedalam pensucian sifat Allah dari ketidak sempurnaan atau malah menafikan ketinggian Allah diatas Arsynya?

    Qoul ini adalah salah satu dalil yang dipakai kalangan Asy’ariyun/Maturidiyun yang menganggap Allah ada Tanpa Tempat.

    (Dan kalau memungkinkan diberikan terjemahan dari penjelasan perkataan Imam Syafi’i tersebut)

    Syukron

    • addariny mengatakan:

      Sebelumnya, antum nukil perkataan di atas dari siapa?

      Yg ana tahu Alfiqul Akbar, adalah kitab yg dinisbatkan kepada Imam Abu Hanifah, bukan kepada Imam Syafi’i, -rohimahumalloh-.

      Ana udah cari perkataan di atas di kitab Alfiqhul Akbar karya Imam Abu Hanifah -rohimahulloh- dan ternyata tidak ada.

      Jadi jelaskan perkataan siapa dulu, baru ana jawab… afwan wa syukron…

  6. Den Bagus mengatakan:

    Ustadz, Kitab Fiqhul Akbar yang saya tanyakan bukan yang karangan Imam Abu Hanifah tapi Kitab ini karangan Imam Syafi’i (saya juga pernah lihat sepintas ada penerbit Indonesia yang mencantumkan judul ini dalam sampulnya bahwa Kitab ini adalah karya Imam Syafi’i tapi lupa lagi linknya)

    Untuk link lainnya mungkin bisa cek dibawah ini:

    al-Shafi`i, al-Fiqh al-akbar fi al-tawhid li al-imam Abi `Abd Allah Muhammad ibn Idris al-Shafi`i, 1st ed. (al-Azbakiyya, Cairo: al-matba`a al-adabiyya, 1324/1906 or 1907) p. 8. The original manuscript of this work is kept at the Zahiriyya Library in Damascus, Ms. #Q-2(3).

    http://www.marifah.net/forums/topic/4088-question-on-stance-of-imam-ali-imam-jafar-as-sadiq-imam-al-bukhari-and-imam-as-shafii-on-the-divine-sifat/

    Mengenai tulisan B.Arabnya (sebelumnya) saya kutip dari facebook.

    Syukron

    • addariny mengatakan:

      Imam Syafi’i -rohimahulloh- tidak memiliki kitab “Alfiqhul Akbar”… Ana udah baca tentang masalah kitab ini, ternyata itu karangan orang lain, tapi dinisbatkan kepada Imam Syafi’i secara dusta… Alhamdulillah Imam Ibnu Hajar telah menjelaskan hal ini, beliau mengatakan dalam kitabnya lisanul mizan:

      محمد بن علي بن الفتح أبو طالب العشاري شيخ صدوق معروف لكن ادخلوا عليه أشياء فحدث بها بسلامة باطن منها حديث موضوع في فضل ليلة عاشوراء ومنها عقيدة للشافعي

      Muhammad bin Ali bin Alfath Abu Tholib Al-usyari, adalah seorang syeikh yg shoduq, ia terkenal, tapi ia banyak termasuki sesuatu (hadits), lalu ia menyampaikannya meski dg niat yg baik, diantara sesuatu yg dimasukkan padanya adalah hadits palsu tentang keutamaan malam asyuro’, diantaranya juga (kitab) tentang Akidahnya Imam Syafi’i.

      Lagian jika antum baca kitab itu, antum akan dapati banyak istilah dan kata yg sumbernya dari ulama ahli kalam, yg belum dipakai di zamannya Beliau.

      Ditambah lagi, sanad kitab ini juga terputus, tidak sampai kepada Imam Syafi’i… wallohu a’lam.

      Silahkan baca diskusi masalah kitab ini di link berikut:

      http://www.aslein.net/archive/index.php/t-281.html

  7. Nur Ridwan mengatakan:

    Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh ustdaz.Afwan ana mau nanya tentang pertanyaan Al-Muzani tentang tauhid yg ditanyakan kepada Imam Syafi’i ,maksudnya bertanya tentang apa? tentang dzat Allah ataukah tentang Tauhid(meng esakan Allah) ? afwan ana masih bingung memahaminya.
    Sukran jazakallahu khairan katsiran.

    • addariny mengatakan:

      Waalaikum salam warohmatulloh wabarokatuh…

      Almuzani tidak menyebutkannya… dan Imam Syafi’i juga tidak mau mengetahuinya… Intinya Imam Syafi’i ingin memberikan kaidah umum kepada muridnya tersebut, bahwa setiap masalah tauhid yg (1) tidak disuruh Nabi -shollallohu alaihi wasallam- untuk menanyakannya, (2) tidak dibicarakan oleh para sahabat, dan (3) tidak bisa dijangkau oleh nalar manusia, maka seharusnya hal itu ditinggalkan dan tidak usah digubris, karena hal itu tidak akan memberinya manfaat, sebaliknya akan mendatangkan mafsadah baginya… wallohu a’lam…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s